Rabu, 01 November 2017

# IPS

hidup rukun di dalam kemajemukan keluarga

Kemajemukan Keluarga
 
    Kemajemukan sama artinya dengan keragaman. Di dalam keluarga pun ada kemajemukan, antara lain:
- perbedaan ciri fisik
- perbedaan hobi dan kebiasaan
- perbedaan suku bangsa
Kemajemukan dan perbedaan dapat pula ditemukan pada keluarga dan diri sendiri. Hargailah setiap perbedaan yang ada. Menghargai perbedaan sama dengan menghormati orang lain, bila kita menghormati orang lain maka orang lain pun akan menghormati kita. Ingatlah bahwa kemajemukan adalah anugerah Tuhan oleh karena itu harus disyukuri atas adanya kemajemukan dan perbedaan.





Hidup Rukun
Semua orang harus hidup rukun, hidup rukun artinya hidup damai dan tentram. Hidup rukun harus dibiasakan dan wajib dilaksanakan. Hidup rukun adalah kewajiban setiap manusia karena akibat keluarga tidak rukun semua anggota keluarga akan merasakan akibatnya. Supaya betah di rumah maka keluarga harus hidup rukun, keluarga tidak boleh bertengkar, bila ada masalah hendaknya dibicarakan, masalah harus diselesaikan supaya tidak jadi keributan dan masalah pun terselesaikan dengan baik. Oleh karena itu biasakan untuk hidup rukun, awali hidup rukun di lingkungan keluargamu sendiri pada akhirnya kamupun akan merasakan manfaatnya.


di masyarakat


di keluarga



di sekolah

Manfaat Hidup Rukun
 
    Hidup rukun itu penting, kita harus hidup rukun. Hidup rukun termasuk perbuatan terpuji ada banyak manfaat hidup rukun dalam keluarga.
Manfaat tersebut antara lain:
- hidup keluarga jadi tentram
- hubungan keluarga jadi erat
- keluarga dihormati orang lain
- keluarga jadi contoh teladan bagi orang lain
Hidup rukun dilaksanakan bukan dalam keluarga saja, dilakukan pula dengan tetangga. Dengan tetangga tidak boleh ribut dan berselisih, tetangga harus saling hormat dan bantu. Di sekolah pun kamu harus hidup rukun,  dengan teman tidak boleh saling ejek dan berkelahi. Bila ada teman yang bertengkar maka damaikanlah, bila ada teman yang susah kita harus bantu. Jika dengan teman rukun maka belajar pun jadi asyik. Kini kamu pun tahu apa manfaat hidup rukun, kamu pun harus mampu melaksanakan hidup rukun di rumah dan lingkungan sekitarmu. Ingatlah bahwa hidup rukun harus jadi kebiasaan, jika kamu bisa hidup rukun maka kamu akan merasakan manfaatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates