Tema Teknologi
Teknologi Informasi
Teknologi Informasi
dilihat dari kata penyusunnya adalah
teknologi dan informasi. Secara mudahnya teknologi informasi adalah hasil
rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima
sehingga pengiriman informasi tersebut akan:
a.
Lebih
cepat
b.
Lebih
luas sebarannya, dan
c.
Lebih
lama penyimpanannya
Pada
awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah
teknologi. Bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan
oleh orang lain. Tetapi bahasa yang disampaikan dari mulut ke mulut hanya
bertahan sebentar saja, yaitu hanya pada saat si pengirim menyampaikan
informasi melalui ucapannya itu saja. Setelah ucapan itu selesai, maka
informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa
disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas. Untuk jarak tertentu,
meskipun masih terdengar, informasi yang disampaikan lewat bahasa suara akan
terdegradasi bahkan hilang sama sekali.
Setelah
itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar
jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan
disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan
lebih lama.Beberapa gambar peninggalan jaman purba masih ada sampai sekarang
sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin
disampaikan pembuatnya.
Ditemukannya
alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih
efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa
dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII
diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan
informasi itu. Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi
lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, tv, komputer
mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas
dan lebih lama tersimpan.
2.2 Peran Teknologi Informasi
Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor
teknologi informasi dan
telekomunikasi merupakan sektor yang paling
dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi
pemimpin dalam dunianya. Teknologi informasi banyak berperan dalam
bidang-bidang antara lain :
1.
Bidang pendidikan (e-education)
Tony
Bates (1995) menyatakan bahwa teknologi dapat meningkatkan kualitas dan
jangkauan bila digunakan secara bijak untuk pendidikan dan latihan, dan mempunyai arti yang sangat
penting bagi kesejahteraan ekonomi. Dari ramalan dan pandangan para cendikiawan
di atas dapat disimpulkan bahwa dengan masuknya pengaruh globalisasi,pendidikan
masa mendatang akan lebih bersifat terbuka dan dua arah, beragam ,
multidisipliner, serta terkait pada produktivitas kerja dan saat itu juga
kompetitif.
Kecenderungan dunia
pendidikan di Indonesia di masa mendatang adalah:
a. Berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus
belajar jarak jauh (Distance Learning). Kemudahan untuk menyelenggarakan
pendidikan terbuka dan jarak jauh perlu dimasukan sebagai strategi
utama.
b. Sharing resource bersama antar lembaga
pendidikan / latihan dalam sebuah jaringan
c. Perpustakaan & instrumen pendidikan
lainnya (guru, laboratorium) berubah fungsi menjadi sumber informasi daripada
sekedar rak buku.
d. Penggunaan perangkat teknologi informasi
interaktif, seperti CD-ROM Multimedia,dalam pendidikan secara bertahap
menggantikan TV dan Video.
Dengan
adanya perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, maka pada saat
ini sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan
media internet untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan gurunya, melihat
nilai mahasiswa secara online, mengecek keuangan, melihat jadwal kuliah,
mengirimkan berkas tugas yang diberikan guru dan sebagainya, semuanya itu sudah
dapat dilakukan.Faktor utama dalam distance learning yang selama ini dianggap
masalah adalah tidak adanya interaksi antara guru dan mahasiswanya.
Namun
demikian, dengan media internet sangat dimungkinkan untuk melakukan interaksi
antara guru dan siswa baik dalam bentuk real time (waktu nyata) atau
tidak. Dalam bentuk real time dapat dilakukan misalnya dalam suatu chatroom,
interaksi langsung dengan real audio atau real video, dan online meeting. Yang
tidak real time bisa dilakukan dengan mailing list, discussion
group, newsgroup, dan buletin board. Dengan cara di atas
interaksi guru dan mahasiswa di kelas mungkin akan tergantikan walaupun tidak
100%.
Bentuk-bentuk
materi, ujian,kuis dan cara pendidikan lainnya dapat juga diimplementasikan ke
dalam web, seperti materi guru dibuat dalam bentuk presentasi di web dan dapat
di download oleh siswa.Demikian pula dengan ujian dan kuis yang dibuat oleh
guru dapat pula dilakukan dengan cara yang sama. Penyelesaian administrasi juga
dapat diselesaikan langsung dalam satu proses registrasi saja, apalagi di
dukung dengan metode pembayaran online.
2. Dalam Bidang
Pemerintahan (e-government).
E-government
mengacu pada penggunaan teknologi informasi
oleh pemerintahan,seperti menggunakan intranet dan internet, yang mempunyai
kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan lainnya. Bisa
merupakan suatu proses transaksi bisnis antara publik dengan pemerintah melalui
sistem otomasi dan jaringan internet, lebih umum lagi dikenal sebagai world
wide web. Pada intinya e-government adalah penggunaan teknologi
informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak
lain. penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk
baru seperti: G2C (Governmet to Citizen), G2B (Government to Business),
dan G2G (Government to Government).
Manfaat e-government yang dapat
dirasakan antara lain:
1.
Pelayanan
servis yang lebih baik kepada masyarakat. Informasi dapat disediakan 24 jam
sehari, 7 hari dalam seminggu, tanpa harus menunggu dibukanya kantor. Informasi
dapat dicari dari kantor, rumah, tanpa harus secara fisik datang ke kantor
pemerintahan.
2.
Peningkatan
hubungan antara pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum.Adanya
keterbukaan (transparansi) maka diharapkan hubungan antara berbagai pihak
menjadi lebih baik. Keterbukaan ini menghilangkan saling curiga dan kekesalan
dari semua pihak.
3.
Pemberdayaan
masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh. Dengan adanya informasi yang
mencukupi, masyarakat akan belajar untuk dapat menentukan pilihannya.
Sebagai
contoh, data-data tentang sekolah: jumlah kelas, daya tampung murid, passing grade, dan sebagainya, dapat
ditampilkan secara online dan digunakan
oleh orang tua untuk memilihkan sekolah yang pas untuk anaknya.
4.
Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien.
Sebagai contoh, koordinasi pemerintahan dapat dilakukan melalui e-mail atau
bahkan video confere
Didalam Suatu Perusahaan Kepuasan
Pelanggan itu Sangalah Penting, kepuasan pelanggan merupakan strategi jangka panjang sebuah perusahaan yang
membutuhkan konsumen baik dari segi dana maupun sumber daya manusia. Kepuasan merupakan tingkat perasaan
konsumen yang diperoleh setelah konsumen melakukan atau menikmati sesuatu.
Teori kepuasan menyatakan bahwa bila
konsumen puas terhadap produk atau jasa maka akan memberikan rekomendasi pada orang lain dan
merasa bangga akan produk atau jasa
tersebut.
2.3 Kehadiran
Teknologi Internet
Kehadiran teknologi internet yang semakin canggih telah merubah gaya hidup
manusia dan tuntutan pada kompetensi manusia. Kini kehidupan manusia semakin
tergantung pada komputer. Hal-hal berikut menggambarkan besarnya keterlibatan
teknologi informasi dalam kehidupan manusia.
Manfaat TIK dalam bidang sosial antara lain :
1.
Sebagai sumber informasi dan sarana belajar dari
masyarakat.
2.
Untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi masyarakat
3.
Meningkatkan informasi kesehatan. Untuk melihat
peluang yang lebih luas untuk memasarkan produk setempat.
4.
Mengembangkan perdagangan melalui e-commerce
Pemanfaatan teknologi
informasi pun dimulai pada saat teknologi informasi dianggap sebagai media yang
dapat menghemat biaya dibandingkan dengan metode konvensional, misalkan saja
pemakaian mesin ketik, kertas, penghapus, tipe-x, dan lain sebagainya yang cenderung
tidak efisien. Sekarang dengan bantuan komputer kita bisa melihat hasil ketikan
di layar monitor sebelum dicetak (paperless) sehingga lebih effisien dalam
waktu dan tempat penyimpanan file.
Setelah dirasakan bahwa
teknologi Informasi dapat menggantikan cara konventional, orang mulai melihat
kelebihan lainnnya, seperti menggantikan sarana pengiriman surat dengan surat
eletronik (e-mail), pencarian data melalui search engine, chatting,
mendengarkan musik, dan sebagainya dimana pada tahapan ini orang sudah mulai
menginvestasikan kepada perangkat komputer. Dari manfaat yang didapatkan,
teknologi informasi mulai digunakan dan diterapkan untuk membantu operasional
dalam proses bisnis.
2.4 Kemajuan Teknologi dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan
Remaja
Kemajuan teknologi adalah
sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan
kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan
manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan
banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalammelakukan aktifitas manusia.
Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudahmenikmati banyak manfaat yang
dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkandalam dekade terakhir ini.
Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga
juga memungkinkan digunakanuntuk hal negatif.
Perkembangan teknologi di era sekarang ini sangat pesat. Berbagai kemajuan
teknologi dapat kita peroleh dengan mudahnya. Seiring dengan perkembangan zaman
dan pesatnya perkembangan teknologi itu komunikasi antar manusia dapat
dilakukan dengan berbagai alat atau sarana, salah satunya alat komunikasi yang
banyak digunakan saat ini adalah internet, handphone, facebook, twitter dan
lain-lain.
Memang sangat bagus bagi para
remaja, karena bisa menambah wawasan, di internet, kita dapat dengan mudah
menemukan informasi-informasi yang penting diketahui oleh pembaca. Inilah yang
menyajikan kepada kita kekuatan daya imajinasi dan teknologi komunikasi yang
memungkinkan tersebarnya informasi dalam kualitas yang hampir sempurna dalam
waktu yang sangat cepat.
Twitter dan facebook juga tidak
kalah saingnya dengan internet, karena di twitter dan facebook para siswa bisa bergaul dengan orang lain, meskipun mereka tidak
tahu siapa yang diajak berkenalan, karena itu hanya terjadi didunia maya.
Twitter dan facebook sudah menjadi trend dikalangan remaja, tidak hanya
dikalangan siswa saja yang mempunyai facebook
dan twitter, anak-anak dan orang tuapun mempunyai twitter dan facebook. Terlalu
banyaknya peminat atau pengguna facebook dan twitter, banyak sekali orang-orang
yang membuka warnet, tetapi tidak hanya lewat warnet saja, kitapun dengan mudah
bisa membuka twitter dan facebook di handphone.
Dan terlalu banyaknya pengguna
twitter dan facebook, para siswa sekarang jarang sekali yang
membuka internet, padahal di internet kita bisa banyak menemui
informasi-informasi yang penting dan bermakna yang belum pernah kita ketahui,
diantaranya informasi di bidang pendidikan yang memuat tentang
pelajaran-pelajaran sehari-hari disekolah,misalnya tentang rumus-rumus
matematika, fisika dan kimia dan juga latihan soal-soal.
Karena banyak sekali para
siswa pengguna jaringan teknologi
informasi (internet). Tidak mengakses suatu hal yang sewajarnya, mereka telah
memanfaatkan dengan menyalah gunakan kecanggihan teknologi dengan mengakses
galeri-galeri yang bernuansa pornografi, yang semuanya itu sangat tidak wajar
bagi para pengguna khususnya para siswauntuk memanfaatkan dengan menyaksikan
tayangan-tayangan budaya asing yang tidak normatif. Membuka situs-situs video
porno, gambar porno tidak sesuai dengan hal yang dibutuhkan dibidang
pendidikan.
Padahal hal seperti ini bisa
membahayakan seorang pelajar, karena diantara mereka ada yang mencoba melakukan
hubungan seks tanpa ada ikatan pernikahan dan juga hubungan seks bisa juga
menimbulkan penyakit seperti HIV atau AIDS. Karena kita tidak tahu, pasangan yang diajak hubungan seks mempunyai
penyakit yang mematikan itu apa tidak. Hal ini membuat para orang tua dan guru
prihatin sekaligus khawatir akan perkembangan moral mereka.
Masa remaja adalah masa pencarian jati diri, dan
bisa saja dalam proses pencarian jati diri itu remaja tersebut melalui jalan yang benar atau jalan yang
salah. Apabila remaja gagal dalam mengembangkan rasa
identitasnya, maka remaja akan kehilangan arah. Memang
kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat.
Berbagi informasi yang terjadi diberbagai belahan dunia kini telah dapat
langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi ( Globalisasi ).
Pada hakikatnya, kemajuan
teknologi dan pengaruhnya dalam kehidupan adalah hal yang tak dapat kita
hindari, dikarenakan saat ini dapat kita lihat betapa kemajuan teknologi yang
telah mempengaruhi gaya hidup dan pola piker masyarakat, terutama di kalangan
remaja. Memang pengaruh kemajuan teknologi zaman dahulu dan di zaman sekarang
berbeda, di zaman dahulu teknologi belum secanngih di era zaman sekarang.
Semakin canggihnya dunia teknologi, semakin canggih pula cara orang menyampaikan informasi. Dengan semaraknya media informasi seperti sekarang ini, di satu sisi memberikan kita dampak yang positif, tapi di sisi lain jusru menjadi bumerang bagi keberlangsungan hidup para generasi muda Islam terutama para remaja muslimah.
Dengan adanya informasi yang semakin
mudah didapatkan, membuat mudah pula kita mengetahui kejadian yang sangat jauh
dari kehidupan kita. Untuk mengetahui keadaan Amerika hari ini, tidak usah
pergi ke Amerika, atau menelpon George W Bush atau pusat informasi di Amerika,
tapi dengan berbaring di atas kasur dalam kamar, sambil memegang remote control
televisi, maka kita sudah tahu kejadian hari ini di Amerika. Itulah salah satu bukti canggihnya teknologi masa
kini.
Tapi, maraknya kekerasan,
pelecehan, hilangnya tata krama, berubah drastisnya budaya, lunturnya norma
agama dan tindakan-tindakan negatif lainnya, juga tidak lepas dari peran media
yang hanya mencari keuntungan, tanpa
memikirkan bagaimana generasi muda. Kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari
kehidupan masyarakat. Berbagai informasi yang terjadi di berbagai belahan dunia
kini telah dapat langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi (globalisasi).
Kalau dahulu kita mengenal
kata pepatah “dunia tak selebar daun kelor”, sekarang pepatah itu selayaknya
berganti; "dunia saat ini selebar daun kelor", karena cepatnya akses
informasi di berbagai belahan dunia membuat dunia ini seolah semakin sempit
dikarenakan kita dapat melihat apa yang terjadi di Amerika meskipun kita berada di Indonesia Tentu kemajuan teknologi ini
menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan umat manusia dengan
segala peradaban dan kebudayaannya.
Perubahan ini juga memberikan dampak yang
begitu besar terhadap transformasi nilai-nilai yang ada di masyarakat.
Khususnya masyarakat dengan budaya dan adat ketimuran seperti Indonesia. Ketika memutuskan untuk memberikan HP kepada anak,
alangkah baiknya orang tua juga mengawasi dan mengarahkan anak agar anak tidak
lepas kontrol dalam menggunakan HP. Tidak ada salahnya sewaktu-waktu kita memeriksa
HP anak untuk mengetahui isi yang ada di dalamnya dengan meminta ijin anak
terlebih dahulu.
Karena dengan meminta ijin, anak akan merasa
dihargai dan itu memberikan pengaruh yang besar terhadap pribadinya dan juga
membentuk kesan positif dalam diri mereka tentang pribadi kita sebagai orang
tua. Ketika kita dapati mungkin ada video porno di HP anak, jangan langsung
bersikap menghakimi dan menghukum layaknya seorang polisi, akan tetapi alangkah
baiknya kita tanyakan kepada anak darimana dia mendapat video itu dan untuk apa
dia menyimpannya. Apapun jawaban anak, orang tua tidak boleh bersikap
menghakimi dan menyalahkan anak, apalagi memarahi anak dan berlaku ringan
tangan.
Akan tetapi kita ajak anak
berdiskusi/sharing mengenai hal tersebut, apa hal itu bermanfaat dan apa
dampaknya bagi anak, dan jangan lupa, ketika berdiskusi, kita juga harus
mendengarkan pendapat anak dan memberikan pengarahan yang tepat. Karena apapun
alasannya, kekerasan tidak menyelesaikan masalah, sekali kita berlaku kasar apalagi
main tangan terhadap anak kita, sesungguhnya kita telah menorehkan luka
dihatinya, yang sampai kapanpun luka itu tidak akan pernah sembuh dan akan
terus membekas di sanubarinya.
Selain HP, kemajuan teknologi juga di tandai dengan masuknya akses internet, internet saat ini telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan remaja. Lewat internet, mereka bisa mengakses segala informasi dari seluruh dunia. Tentu tak semua informasi yang disajikan adalah informasi yang layak di akses oleh remaja. Karena terkadang lewat internet mereka dapat dengan bebas menyaksikan segala hal yang berbau pornografi dan pornoaksi yang memang dapat di akses dengan mudah di dunia maya (internet).
Selain HP, kemajuan teknologi juga di tandai dengan masuknya akses internet, internet saat ini telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan remaja. Lewat internet, mereka bisa mengakses segala informasi dari seluruh dunia. Tentu tak semua informasi yang disajikan adalah informasi yang layak di akses oleh remaja. Karena terkadang lewat internet mereka dapat dengan bebas menyaksikan segala hal yang berbau pornografi dan pornoaksi yang memang dapat di akses dengan mudah di dunia maya (internet).
Hal ini tentu menimbulkan efek
yang kurang baik bagi perkembangan kepribadian remaja. Dari yang semula mereka
merasa tabu tentang seks, sampai akhirnya mereka melihat seksualitas yang di
obral di internet tanpa pengarahan serta bimbingan yang tepat dan mereka merasa
penasaran bahkan mencobanya. Karena itu, tak heran jika saat ini pergaulan remaja
menjadi sangat mengkhawatirkan dan meresahkan masyarakat terutama para orang
tua.
Teknologi dapat memberi efek
ketergantungan seperti pada media komputer yang
memiliki
kualitas atraktif yang dapat merespon segala stimulus yang diberikan oleh
penggunanya. Terlalu atraktifnya, membuat penggunanya seakan-akan
menemukan dunianya sendiri yang membuatnya terasa nyaman dan tidak mau
melepaskannya. kita bisa menggunakan komputer sebagai pelepas stress dengan
bermain games yang ada.
Ketergantungan dapat
ditanggulangi atau diminimalisasikan dengan adanya bantuan dari lingkungan dan
orang-orang sekitar kita, yang dapat menyadarkan pengguna addict tersebut
dengan menawarkan kegiatan lain yang lebih menarik dari pada yang ditawarkan
oleh komputer. Serta memberikan motivasi untuk memperbanyak kegiatan di luar
rumah (menyibukkan diri) seperti olahraga, traveling, bersosialisasi dengan
teman, maka akan lebih sedikit waktu yang dihabiskan di depan komputer.
Kemajuan teknologi berdampak pada
kemudahan akses terhadap setiap teknologi sepeti ponsel, komputer, tablet, atau
pun laptop. Permasalahannya, ketika anak kecil mulai kecanduan internet hal itu
memberikan pengaruh terhadap perkembangan mental dan psikologisnya. Para peneliti sejak lama
mengamati hal ini. Sekian lama mengkaji dan menelaah dampak internet pada anak,
mereka memutuskan untuk memasukan kecanduan internet pada anak tergolong pada
gangguan mental.
Hal itu juga termasuk pada mereka
yang kecanduan ponsel pintar, atau komputer rumahan sekalipun. Peneliti Australia yang tergabung dalam Masyarakat
Psikologis Australia (PSA) telah menyampaikan usulannya itu kepada masyarakat
internasional. Ketika itu diterima, maka akan dilakukan studi lanjutan guna memastikan kelayakan usulan tersebut. Peneliti Universitas Teknologi
Swinburne, Mike Kyrios mengatakan studi lanjutan akan dilaksanakan dengan
harapan para profesional kesehatan dapat mendiagnosa anak-anak terkait prilaku
adiktif sebagai dampak dari penggunaan teknologi secara berlebihan. Mereka,
nantinya akan memberikan solusi penyembuhan ketergantungan tersebut.
Secara umum, penggunaan teknologi berlebihan dapat menjadi masalah potensial, Psikolog Emil Hodzic menyambut baik niatan itu sebab terdapat banyak permintaan orang tua terkait masalah kecanduan teknologi. Jika anak mulai frustrasi hal tersebut berbahaya. Dimana biasanya tanda khas dari kecanduan adalah adanya gejala penarikan diri. Ia mengungkapkan sebanyak 70 persen kliennya adalah anak-anak dan remaja. Mereka yang datang kebanyakan mengaku kesulitan untuk tidak mengakses internet.
Secara umum, penggunaan teknologi berlebihan dapat menjadi masalah potensial, Psikolog Emil Hodzic menyambut baik niatan itu sebab terdapat banyak permintaan orang tua terkait masalah kecanduan teknologi. Jika anak mulai frustrasi hal tersebut berbahaya. Dimana biasanya tanda khas dari kecanduan adalah adanya gejala penarikan diri. Ia mengungkapkan sebanyak 70 persen kliennya adalah anak-anak dan remaja. Mereka yang datang kebanyakan mengaku kesulitan untuk tidak mengakses internet.
Sementara itu, Psikiater
Rhoshel Lenroot cukup berhati-hati dengan usulan tersebut. Sebab, inti
permasalahan yang ada adalah tidak adanya ketidakseimbangan. "(Sebenarnya)
tidak ada yang salah dengan teknologi," ujarnya.
Berikut adalah gejala kecanduan teknologi
:
1.
Lupa waktu atau
mengabaikan hal-hal yang mendasar saat mengakses internet terlalu lama.
2.
Menarik diri seperti
merasa marah, tegang, atau depresi ketika internet tidak bisa diakses.
3.
Kebutuhan akan
peralatan komputer yang lebih baik dan lebih banyak untuk dimiliki memiliki
derajat kepuasan yang sama.
4.
Sering berkomentar, berbohong, rendahnya
prestasi, menutup diri secara sosial, dan kelelahan. Ini merupakan dampak
negatif dari penggunaan internet yang berkepanjangan.
5.
Kurang perhatian,
gangguan hiperaktif, depresi, kecemasan, rendah kepercayaan diri, impulsif, tak
tahu malu, dan cenderung mau bunuh diri.
Menurut para ahli psikologi
masa remaja merupakan masa yang paling rentan dalam perkembangan kejiwaan anak.
Pada usia remaja ini, anak telah meninggalkan usia kanak-kanak dimana mereka
tidak dapat disebut lagi sebagai anak kecil, tapi juga belum bisa di terima
dalam kelompok orang dewasa. Pada masa ini anak telah mulai mencari-cari siapa
dirinya sebenarnya (looking for identity/Identity formation), berusaha untuk
menemukan kelompok atau teman-teman yang mau mengakui kemampuan dan menghargai
dirinya dan telah mulai memiliki minat terhadap lawan jenis (minat seksual).
Masa remaja adalah masa
pencarian jati diri, dan bisa saja dalam proses pencarian jati diri itu remaja
tersebut melalui jalan yang benar atau jalan yang salah. Apabila remaja gagal
dalam mengembangkan rasa identitasnya, maka remaja akan kehilangan arah,
bagaikan kapal yang kehilangan kompas, dan itu akan berdampak tidak baik
terhadap perkembangan kepribadiannya dimasa yang akan datang. Itulah kenapa,
masa remaja adalah masa yang paling rawan terhadap pengaruh yang datang dari
luar. Baik pengaruh positif ataupun pengaruh negatif, disinilah peran sebagai
orang tua di butuhkan untuk dapat membimbing dan mengarahkan anak remaja agar
tidak kehilangan kontrol dirinya (self control).
2.5 Dampak Positif dan
Negatif Perkembangan Teknologi Bagi Remaja
A. Pengaruh kemajuan teknologi
bagi remaja dalam dampak positif.
Perkembangan teknologi di era sekarang ini sangat pesat. Berbagai kemajuan
teknologi dapat kita peroleh dengan mudahnya. Seiring dengan perkembangan zaman
dan pesatnya perkembangan teknologi itu komunikasi antar manusia dapat
dilakukan dengan berbagai alat atau sarana, salah satunya alat komunikasi yang
banyak digunakan saat ini adalah internet, handphone, facebook, twitter dan
lain-lain.
Memang sangat bagus bagi para
remaja, karena bisa menambah wawasan, di internet, kita dapat dengan mudah
menemukan informasi-informasi yang penting diketahui oleh pembaca. Inilah yang
menyajikan kepada kita kekuatan daya imajinasi dan teknologi komunikasi yang
memungkinkan tersebarnya informasi dalam kualitas yang hampir sempurna dalam
waktu yang sangat cepat.
Twitter dan facebook juga
tidak kalah saingnya dengan internet, karena di twitter dan facebook para
remaja bisa bergaul dengan orang lain, meskipun mereka tidak tahu siapa yang
diajak berkenalan, karena itu hanya terjadi didunia maya. Twitter dan facebook
sudah menjadi trend dikalangan remaja, tidak hanya dikalangan remaja saja yang
mempunyai facebook dan twitter, anak-anak dan orang tuapun mempunyai twitter
dan facebook.
Terlalu banyaknya peminat atau
pengguna facebook dan twitter, banyak sekali orang-orang yang membuka warnet,
tetapi tidak hanya lewat warnet saja, kitapun dengan mudah bisa membuka twitter
dan facebook di handphone. Dan terlalu banyaknya pengguna twitter dan facebook,
para remaja sekarang jarang sekali yang membuka internet, padahal di internet
kita bisa banyak menemui informasi-informasi yang penting dan bermakna yang
belum pernah kita ketahui, diantaranya informasi di bidang pendidikan yang
memuat tentang pelajaran-pelajaran sehari-hari disekolah,misalnya tentang
rumus-rumus matematika, fisika dan kimia dan juga latihan soal-soal.
Karena banyak sekali para
remaja pengguna jaringan teknologi informasi (internet). Tidak mengakses suatu
hal yang sewajarnya, mereka telah memanfaatkan dengan menyalah gunakan
kecanggihan teknologi dengan mengakses galeri-galeri yang bernuansa pornografi,
yang semuanya itu sangat tidak wajar bagi para pengguna khususnya para remaja
untuk memanfaatkan dengan menyaksikan tayangan-tayangan budaya asing yang tidak
normatif. Membuka situs-situs video porno, gambar porno tidak sesuai dengan hal
yang dibutuhkan dibidang pendidikan.
Padahal hal seperti ini bisa membahayakan
seorang pelajar, karena diantara mereka ada yang mencoba melakukan hubungan
seks tanpa ada ikatan pernikahan dan juga hubungan seks bisa juga menimbulkan
penyakit seperti HIV atau Aids. Karena kita tidak tahu, pasangan yang diajak
hubungan seks mempunyai penyakit yang mematikan itu apa tidak. Hal ini membuat
para orang tua dan guru prihatin sekaligus khawatir akan perkembangan moral
mereka.
Masa remaja adalah masa
pencarian jati diri, dan bisa saja dalam proses pencarian jati diri itu remaja
tersebut melalui jalan yang benar atau jalan yang salah. Apabila remaja gagal
dalam mengembangkan rasa identitasnya, maka remaja akan kehilangan arah. Memang
kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat.
Berbagi informasi yang terjadi diberbagai belahan dunia kini telah dapat
langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi (Globalisasi).
Pada hakikatnya, kemajuan
teknologi dan pengaruhnya dalam kehidupan adalah hal yang tak dapat kita
hindari, dikarenakan saat ini dapat kita lihat betapa kemajuan teknologi yang
telah mempengaruhi gaya hidup dan pola piker masyarakat, terutama di kalangan remaja.
Memang pengaruh kemajuan teknologi zaman dahulu dan di zaman sekarang berbeda,
di zaman dahulu teknologi belum secanngih di era zaman sekarang.
Internet membuat pola pikir anak
menjadi lebih terbuka dan bisa menumbuhkan daya kreativitas anak. Dengan banyak
duduk di depan komputer untuk mengakses internet, maka anak akan memiliki
koordinasi yang baik antara mata, otak, dan tangan. Internet juga bisa
memberikan dampak yang positif bagi anak dalam memecahkan masalah yang sedang
mereka hadapi.
Dengan sering berhubungan dengan
dunia internet, membuat anak menjadi lebih bisa berfikir kritis dan
berkonsentrasi pada suatu hal Internet bisa mengasah kemampuan anak dalam
bidang verbal dan non verbal. Cara berfikir logis juga bisa ditumbuhkan melalui
internet. Kemampuan kognitif memori anak bisa berkembang dengan pesat
bila anak sering mengakses internet.
B. Pengaruh kemajuan teknologi bagi
remaja dalam dampak negatif.
Teknologi informasi dan
komunikasi sudah ada sejak zaman modern. Teknologi trsebut biasa dikenal dengan
komputer, internet dan lain-lain. Komputer sejak dulu sudah sering digunakan di
semua kalangan, di kalangan pelajar sekarang juga sudah banyak yang menggunakan
komputer untuk pelajaran. Dan alat canggih tersebut juga sudah sangat bermanfaat
bagi orang-orang yang pekerjaaannya bersangkut paut dengan alat tersebut. Apa
lagi sekarang juga sudah ada alat komputer yang lebih praktis di bawa
kemana-kemana yaitu laptop.
Laptop tidak hanya digunakan
orang-orang penting saja, pelajar pun mamakai laptop untuk proses belajar
menagajar. Di samping komputer yang begitu sangat bermanfaat itu, sekarang juga
sudah ada internet. Internet adalah sebuah jaringan komputer yang digunakan
untuk mencari sebuah informasi yang ingin kita ketahui. Di dalam internet kita
bias surfing mengenai beberapa hal, misalnya sebagai inspirasi untuk belajar
mengenai pelajaran, dan masih banyak lagi yg bias kita lakukan.
Di jaringan internet kita juga
bias mendunia, misalnya ingin mengetahui mengenai Negara lain atau informasi-informasi
mengenai Negara tersebut. Imternet sangat bermanfaat apabila kita bias
menggunakannya. Tetapi ada juga yang salah menggunakannya, misalnya
untuk membuka situs-situs yang berbau pornografi. Itu salah besar.
Biasanya hal tersebut di
lakukan para remaja zaman sekarang. Sebaiknya sebagai remaja/pelajar yang
mengaku berpendidikan, tidak membuka situs-situs yang berbau tersebut. Itu akan
sangat meruusak otak kita dan akan mencemari otak kita. Dan akan lebih baik
jika kita membuka situs-situs pelajaran yang sangat bermanfaat bagi kita. Apa
lagi bagi anak-anak kelas XII ( dua belas ) yang akan menghadapi ujian, mereka
bias membuka contoh-contoh latihan soal untuk ujian.
Selain itu, di internet juga
kita bias mengenal dunia maya, banyak jejaring sosial yang bias kita gunakan
yaitu facebook, twitter, plurk, chip dan masih banyak lagi. Jejaring sosial itu
sudah banyak digunakan semua orang. Disitu juga dampak positif dan negatifnya.
Bebarapa dampak positif dari jejaring sosial, kita bisa menjumpai teman-teman
yang mungkin kita sudah lama kita tidak berjumpa dengan dia, mencari teman baru
yang belum kita kenal dan masih banyak lagi manfaatnya.
Ada juga para remaja yang salah menggunakannya
yaitu untuk ajang berpacaran, bertemu dengan belum kita kenal sepenuhnya, dan
akhirnya menjadi berdampak buruk bagi mereka. Banyak juga yang melakukan
tindakan kriminal di jejaring sosial. Sebenarnya, pengaruh kemajuan
teknologi sangat bermanfaat bagi remaja. Tetapi masih banyak dampak negatif
yang bisa kita temui, banyak yang terlalu asyik bermain internet ( jejaring
sosial ) mereka sampai lupa waktu dan lupa apa yang harus dia
kerjakan/kewajiban dia.
Para remaja yang membuka situs-situs
ponografi juga banyak yang meniru perbuatan yang tidak baik tersebut dan
akhirnya menjadikan pergaulan bebas bagi mereka. Masih banyak lagi dampak
negatifnya apabila kita salah menggunakannya. Beberapa hal yang harus kitra
lakukan agar para remaja tidak salah menggunakan jaringan internet; yaitu
kembali atas kesadaran diri klita sendiri-sendiri. Kita seharusnya sadar bahwa
hal yang kita lakukan itu salah, apabila kita mengaku sebagai remaja yang baik
dan bercita-cita akan menjadi generasi muda Indonesia yang baik, kita tidak
sewajarnya melakukan hal negatif tersebut. Yang itu akan merugikan diri kita
sendiri.
Dunia ini diciptakan
berpasang-pasangan, ada positif ada negatif, maka selain dampak postifnya,
Pengaruh Teknologi dalam permainan anak juga memiliki beberapa dampak negatif,
yang sebagian sudah dibahas diatas, yaitu :
1.
Kuper atau kurang
sosialisasi
Tidak adanya sosialisasi dengan dunia luar dapat membentuk dunia mereka sendiri dan mengurung diri,
apatis terhadap dunia nyata, bahkan dibeberapa kondisi, jika tak ada komunitas
bukan tak mungkin anak menjadi seorang anti-sosial dan lunatik.
2.
Kecanduan bermain game
Hal yang paling sering kita
temui sekarang ini, Game Center adalah tujuan anak setelah pulang sekolah,
uang jajan yang harusnya digunakan untuk jajan atau membeli keperluan sekolah,
mereka habiskan untuk memenuhi rasa candu
mereka.
3.
Kesehatan
Seharian didepan komputer, tidak makan tidak minum, mata fokus kelayar
monitor yang merusak mata, tentu saja dapat
mengurangi kebugaran fisik anak,atau bahkan menyebabkan penyakit, seperti miopi
atau rabun dekat, silinder, ambeien karena duduk terlalu lama, kebugaran
fisik yang berkurang.
4.
Moral
Permainan sekarang banyak menampilkan fitur pemukulan, pembunuhan,
pencurian, perampokan, hingga seks.
5.
Kriminalitas
Lanjutan beberapa point diatas, jika uang sudah habis,
dan orang tua tidak mau memberi lagi, apa yang dapat dilakukan, jika otak
mereka sudah tak beres dan juga minim pengarahan, bukan tak mungkin uang
dibalik pakain dapat diambil, atau sekedar uang orang yang ketinggalan digame
center, kriminalitas lainnya mungkin
kekerasan ,bukan tidak mungkin tawuran
sekarang karena mereka terlalu sering bermain.
6.
Kurangnya kreativitas dan imajinasi
Beberapa game hanya mengandung unsur moral yang rendah, imajinasi dan
kreativitas sudah tidak dibutuhkan seperti pecandu narkoba, mereka
tak dapat berkreativitas lagi
2.6 Solusi
Solusi yang tepat untuk
menghadapi masalah-masalah yang dijelaskan dalam masalah ini adalah peran orang
tua. Karena disini peranan dari kedua
orang tua sangatlah penting. Kedua orang tua diharapkan dapat membimbing dan
mengawasi anak-anaknya dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Sehingga anak-anak dapat mengerti hal apa saja yang termasuk hal yang baik dan
hal yang kurang baik. Dan juga terdapat beberapa cara untuk mencegah
dampak-dampak negatifnya.
1. Orang tualah yang seharusnya
mengenalkan internet pada anak, bukan orang lain. Mengenalkan internet berarti
pula mengenalkan manfaatnya dan tujuan penggunaan internet.
2. Gunakan software yang
dirancang khusus untuk melindungi ‘kesehatan’ anak. Misalnya saja program nany
chip atau parents lock yang dapat memproteksi anak dengan mengunci segala akses
yang berbau seks dan kekerasan.
3. Letakkan komputer di ruang
publik rumah untuk mempermudah pengawasan.
4. Tanamkanlah nilai
kebersamaan terhadap sesama, karena kebersamaan akan mewujudkan hubungan serta
emosi yang sangat dekat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar